4 Tips Cara Berinteraksi dengan Anjing Pertama Kali



Sulit bagi kamu sebagai dog lovers untuk memegang dan berinteraksi dengan anjing pada pandangan pertama. Namun, beberapa perilaku dan reaksi anjing tidak mempunyai cara yang sama. Sebagai info tambahan, Di artikel sebelumnya kita sudah menjelaskan ada beberapa ras anjing yang ramah yang mana bisa jadi refernsi kamu ketika ingin bertemu dengan anjing pertama kali.


Kemudian, cara yang terbaik untuk melakukan pendekatan yaitu selalu berhati hati dan bertanggung jawab setiap kali bertemu dengan yang baru. Di artikel ini kamu akan mengetahui 5 tips sukses bertemua dengan anjing secara aman untuk pertama kali.


1. Selalu Jaga Etika dengan Anjing dan Pemiliknya

Hal pertama harus dilakukan ialah selalu tanya pemiliknya sebelum berinteraksi dengan anjing. Jangan pernah memaksakan diri kamu untuk mengganggu ruang anjing. Setelah dapat persetujuan dari pemiliknya, biarkan anjing mendatangi kamu. Jangan pernah berasumsi jika anjing mendekati kamu, artinya dia ingin dibelai, bisa saja dia masih penasaran dengan kamu.

Saat anjing menyapa satu sama lain, mereka biasanya mendekati ke samping atau belakang. Anda harus meniru perilaku ini dengan tidak mendekati anjing secara langsung, tetapi dengan memutar tubuh ke samping. Jika Anda bisa, jongkoklah agar Anda sejajar dengan anjing, tetapi hindari melakukan kontak mata karena itu mungkin tampak konfrontatif bagi anjing. Hindari membungkuk di atas anjing karena senyuman dapat menjadi hal yang menakutkan bagi anjing saat ia membayanginya.


2. Tetap Awasi Tangan Kamu di Sisi Kamu

Ingat ya setiap anjing mempunyai kepribadian unik. Kamu hanya perlu memperhatikan bagaimana anjing merespon kehadiran kamu dan mendengarkan pemiliknya. Kamu harus juga melakukannya dengan perlahan lahan agar membantu anjing tetap tenang saat mengenal kamu. Misalnya, banyak anjing menyukai kamu dengan mengulurkan tangan supaya anjing bisa mengendus tapi ada juga beberapa yang takut. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menjaga tangan kamu di samping, dan ketika anjing merasa nyaman, cakaran di bawah dagu atau di sampingnya. Hindari menjangkau melewati kepala anjing atau mencoba mengelus kepalanya.


3. Perhatikan Bahasa Tubuh Anjing

Mulut terbuka, tubuh kendor, telinga dan wajah yang rileks dan ekor yang mudah mengibas menandakan anjing sudah terbuka dengan kamu untuk berinterkasi. Selalu ingat tanda – tanda ini, kamu berhasil membuat ikatan dengan anjing. Dan jangan sekali sekali mencoba memeluk dan menyayangi mereka meskipun kamu rasa anjing yang kamu temui sangat lucu.

Anjing akan ketakutan jika terlihat tegang dan kaku dengan telingan menempel di kepala dan ekor terselip. Jika kamu memaksa, bisa saja anjing mengigit kamu. Jadi, pastikan lagi untuk bertanya kepada pemilik anjing apakah bisa kasih anjing cemilan. Untuk berada di sisi yang aman dan menghindari anjing menerjang tangan Anda, Anda dapat meletakkan beberapa camilan di tanah. Jika pertemuan pertama tidak berjalan dengan baik, biarkan anjing itu dan coba ikatan di lain waktu.


4. Jangan Biasakan Perilaku Buruk

Maksudnya sebagai pemilik anjing disarankan untuk melatih anjingnya untuk beretika. Jangan membiarkan anjing menyapa kamu dengan melompat. Jika terjadi, tindakan terbaik yaitu mundur atau berbalik. Sayangnya, pemilik anjing menganggapnya itu merupakan hal biasa. Kedatangan orang baru adalah cara terbaik untuk melatih anjing kamu untuk bersopan santun untuk menghilangkan kebiasaan buruk terhadap orang baru.


Sumber: https://www.petsbest.com/blog/