4 Alasan Kucing Suka Berada di Tempat Yang Tinggi



Bagi sobat Petskita yang melihara kucing, pernahkah kalian melihat ia bertengger di rak buku, lemari es, bahkan di atap rumah kalian dan bingung apa yang sebenarnya dia lakukan? Banyak dari kita semua tahu ada banyak perilaku aneh kucing yang tidak begitu mudah dijelaskan, tetapi ternyata, bertengger di tempat tinggi adalah perilaku yang sangat umum dan naluriah diantara kucing peliharaan loh sob…

Jadi, mengapa kucing suka berada di tempat yang tinggi ? Jawabannya cukup sederhana sob.


Kucing memiliki kebutuhan naluriah untuk mengamati dunia mereka dari titik yang tinggi karena mereka adalah pemangsa tikus, burung, kelinci, dan hewan kecil lainnya.. Titik pandang yang lebih tinggi tidak hanya memberi kucing pandangan yang lebih baik dalam mencari mangsanya, tetapi juga memberi mereka perlindungan dari hewan yang lebih besar dan, secara teori, memungkinkan mereka melihat lebih mudah saat pemangsa datang.


Kegemaran kucing untuk bertengger di tempat tinggi, bagaimanapun, tetap tertanam dalam susunan biologis dan evolusioner mereka. Kalian mungkin menemukan kucing peliharaan suka nongkrong di tempat yang tinggi karena:

  • Memungkinkan si kucing untuk mengawasi lingkungannya

  • Memberinya ruang pribadi dan ketenangan di suasana rumah yang ribut

  • Memberikan perlindungannya dari kucing lain, hewan peliharaan lain, dan anak kecil

  • Membantunya menghindari konfrontasi dengan kucing lain di rumah

Mengapa Kucing Kalian Membutuhkan Ruangan Vertikal

Selain dorongan naluriah untuk memanjat, kucing peliharaan hanya ingin memanjat karena memberi mereka rangsangan mental dan fisik. Itulah mengapa sangat penting untuk memberi kucing kalian banyak ruang vertikal untuk memanjat, melompat, dan hinggap—dan terlebih lagi jika kalian memiliki beberapa kucing dewasa di rumah kalian.

Untungnya, ada banyak cara mudah dan terjangkau untuk menyediakan ruang vertikal bagi kucing sob:

  • Pertimbangkan untuk membeli atau membuat DIY cat tree atau climbing post. Ada begitu banyak jenis yang tersedia di pasaran. Kalian pasti akan menemukan cat tree atau climbing post yang sesuai dengan kebutuhan kucing selaras dengan ukuran rumah kalian.

  • Maksimalkan denah lantai kalian. Jika kalian tinggal di ruang yang lebih kecil seperti apartemen atau kondominium, kalian dapat memaksimalkan ruang vertikal. Dengan memasang rak di sekeliling ruangan, atau dengan membiarkan kucing bersantai di furnitur, rak buku, atau kulkas kalian.

  • Tambahkan tempat bertengger di jendela favorit kucing kalian. Jika kucing memiliki jendela tertentu yang ia suka lihat keluar, kalian dapat membeli atau membuat jendela sederhana untuknya bersantai. Ingatlah untuk selalu menutup dan mengamankan jendela, sehingga kucing tidak dapat melarikan diri.

Jika kalian memilih untuk memasang rak atau tempat bertengger di jendela, pastikan rak dipasang dengan aman ke dinding jangkar yang tepat dilapisi kain anti selip. Rak apa pun juga harus cukup lebar agar kucing dapat tidur dengan aman. Selalu perhatikan si kucing agar tidak jatuh saat memanjat ya sob.


Sumber: https://www.fearfreehappyhomes.com/cats-on-high-maximize-vertical-space/

0 views