3 Cara Menentukan Jenis Kelamin Anak Kucing

Updated: Sep 7, 2021


Jika sobat Petskita membuka artikel ini maka kalian pasti kedatangan anak kucing. Selamat sob! Apakah kelamin kucing kalian betina atau jantan? Karena kelamin anak kucing tidak berkembang seperti kucing dewasa, untuk menentukan jenis kelaminnya akan sangat susah. Pada pandangan pertama, bahkan para dokter hewan pun merasa sulit untuk membedakan anak kucing betina dari jantan. Namun, beberapa perbedaan karakteristik dapat diamati pada anak kucing berusia lima minggu, jarak kelamin, warna bulu, dan perilaku yang menunjukkan jenis kelamin mereka.


Mengidentifikasi Alat Kelamin

Pada usia dua minggu, beberapa breeder dapat menyamakan penampilan alat kelamin anak kucing. Alat kelamin anak kucing betina akan menyerupai tanda seru terbalik, dengan celah vagina vertikal tepat di bawah anus dan dengan jarak yang sangat kecil di antaranya (ketika kucing terbalik dan menghadap). Organ anak kucing jantan lebih mirip usus besar, dengan penis berada tepat di bawah anus dan dipisahkan oleh ruang yang cukup untuk menampung buah zakarnya. Kamu bahkan mungkin dapat melihat gumpalan kecil di ruang itu, yang akan tumbuh saat anak kucing dewasa.


Warna Bulu

Cara lain yang lebih sederhana, tetapi kurang dapat diandalkan, untuk mengetahui jenis kelamin anak kucing kamu adalah dari warna bulunya. Kulit penyu atau kucing tiga warna hampir selalu betina. Susunan kromosom kucing betina bertanggung jawab penuh atas pewarnaan ini, jadi kamu bisa menjamin bahwa kucing belacu juga betina. Namun, kucing berwarna oranye atau jahe paling sering berjenis kelamin jantan (pikirkan kucing tabby jantan yang ikonik). Namun, sifat ini tidak dapat diandalkan seperti sifat tiga warna, karena hanya tiga perempat kucing berwarna jahe yang jantan.


Perilaku

Saat anak kucing mulai tumbuh besar, mereka mulai mengembangkan kepribadian unik mereka. "Anak kucing" jantan mungkin mulai suka berkeliaran saat mereka mendekati kematangan seksual. Mereka juga dapat menjadi teritorial, sering melakukan penyemprotan (spray) untuk membangun markas mereka dan menangkal penyusup. Mereka juga lebih gelisah dan agresif.


Anak kucing betina (kadang-kadang semuda empat bulan) dapat menjadi lebih agresif menyuarakan kedewasannya dengan teriakan keras dan perilaku mencari perhatian. Namun, semakin dini kamu memandikan atau mensterilkan anak kucing kamu (rekomendasi standarnya adalah enam bulan, tetapi spay dan netral pediatrik dapat terjadi pada enam hingga delapan minggu) semakin sedikit kucing kamu akan menampilkan nuansa gender ini.


Beberapa orang mengklaim kucing jantan lebih ramah dan lebih terbuka daripada betina. Tetapi perbedaan ini, tidak berarti, kepribadian universal dan kucing hampir sama beragamnya dengan kepribadian manusia. Jadi pilih hewan peliharaan yang mempunyai koneksi yang baik dengan kamu buat pada interaksi pertama, dan kurangi perhatian pada jenis kelaminnya.


Cari tahu info-info menarik seputar anabul lainnya hanya di blog Petskita!


Sumber: https://www.thesprucepets.com/telling-the-sex-of-kittens-555173







































37 views