10 Maskapai Ramah Hewan Peliharaan


Siapa sih yang gak mau liburan bareng anabul tapi terkendala maskapai yang tidak ramah anabul. Eitss tahan dulu kesedihanmu sob karena 10 maskapai ini termasuk maskapai nasional dan internasional bisa bantu keinginan kamu untuk bawa anabul jalan jalan loh. Yuk simak infonya sob!


1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia sendiri melarang hewan peliharaan untuk diangkut ke kabin penumpang. Hewan tersebut akan diterima sebagai bagasi terdaftar di penerbangan dengan durasi tidak lebih dari dua jam, serta tidak dalam rute pesawat ATR72-600. Hewan tidak boleh ikut dalam penerbangan yang memerlukan transit atau pergantian pesawat.


Hewan yang boleh dibawa hanya hewan peliharaan, bukan hewan langka atau terancam punah. Hewan juga harus dimasukkan ke dalam peti kayu atau kandang yang dibawa oleh penumpang. Maksimal berat dari hewan yang dibawa adalah 32 kg. Jika lebih, harus diangkut sebagai kargo. Penumpang juga perlu menunjukkan sertifikat kesehatan dari hewan peliharaan tersebut.


2. Lion Air

Hewan yang bisa diangkut dengan pesawat Lion Air harus ditempatkan di dalam kandang dan dalam kondisi sehat serta bersih. Hewan disertai dengan surat yang menyatakan bahwa hewan itu bebas dari penyakit dan bukan hewan dilindungi. Pihak maskapai akan menghitung biaya membawa hewan, sebagai kelebihan bagasi minimal 5 Kg.


Untuk hewan dengan berat di bawah 5 Kg, misalnya hewan dan kandang seberat 3 Kg, tetap dihitung sesuai berat minimal, yakni 5 Kg. Namun, jika beratnya lebih dari 5 Kg, maka biaya yang ditanggung penumpang berdasarkan berat yang sesungguhnya. Biaya dihitung per kilogram.


3. Turkish Airlines

Turkish Airlines Turkish Airlines, berdasarkan website maskapai tersebut, memperbolehkan penumpang untuk membawa hewan perliharaan, seperti anjing, dengan membayar sejumlah uang tambahan. Penumpang yang membawa hewan peliharaan ini harus membawa sertifikat kesehatan dari dokter hewan sebelum terbang bersama Turkish Airlines. Disebutkan bahwa hewan peliharaan yang dibawa ke kabin harus disimpan di dalam kandang yang bisa masuk ke kolong di bawah kursi penumpang.


Hewan yang berat tubuh beserta kandangnya tidak mencapai 8 kilogram diperbolehkan untuk dibawa ke kabin pesawat. Sementara hewan dengan massa tubuh dan kandang lebih dari 8 kg harus dimasukkan ke bagasi. Harga yang dibayarkan tergantung dari berat hewan dan kandangnya. Kurang dari 8 kg membayar 150 TRY atau setara Rp 125.000; kurang dari 15 kg membayar 20 TRY, 1622 kg sebesar 30 TRY; 23-28 kg sebesar 375 TRY dan lebih dari 28 kg membayar 450 TRY


4. Air France

Maskapai penerbangan yang satu ini mengizinkanmu untuk membawa hewan peliharaan berjenis anjing dan kucing kecil. Berat maksimumnya ialah 17 pon. Berat ini sudah termasuk tas angkut, ya. Sementara, bila yang kamu miliki adalah anjing pemandu, ia diizinkan untuk dibawa berapapun beratnya. Tapi, kamu tidak boleh membawanya dengan peti, ya. Karena peti tidak diizinkan di kabin, berapapun ukurannya.


Layanan ini sudah berlaku sejak November 2017. Untuk memperoleh layanan ini, kamu perlu merogoh kocek senilai $153 atau sekitar Rp 2,2 juta untuk tiket dalam kabin yang berangkat dari AS. layanan ini berlaku untuk penerbangan internasional, ya Ladies. Tetapi, perlu diingat bahwa maskapai ini tidak menerima hewan peliharaan di kabin bisnis pada penerbangan antarbenuanya. Hewan peliharaan harus bepergian di ruang palka.


5. KLM Royal Dutch Airlines

KLM adalah maskapai ramah hewan peliharaan lainnya. Meskipun mereka menerima sebagian besar ras kucing dan anjing, mereka merekomendasikan hewan berhidung pesek berada di kabin atau kargo untuk tujuan keselamatan. Penumpang hanya boleh membawa satu di dalam kabin utama dan harus muat dengan nyaman kennel dengan ukuran dimensi 46 x 28 x 24 cm.


Jika hewan peliharaan kamu terlalu besar untuk kabin utama, kamu dapat mengatur maksimal tiga hewan peliharaan untuk disimpan di bagasi kabin atau bagasi terdaftar. Ketiga hewan peliharaan dapat berbagi kandang yang sama jika berat masing-masing tidak lebih dari 14 kg.


Dan berapa biaya saluran udara hewan peliharaan? Untuk KLM, biayanya berkisar antara €75 hingga €400 per sekali jalan, tergantung pada rute dan berat hewan.





6. Lufthansa

Salah satu maskapai ramah hewan peliharaan, Lufthansa, mengizinkan kucing dan anjing kecil di kabin utama mereka, mengingat mereka tidak melebihi batas berat 8 kg, termasuk pembawa hewan peliharaan.


Hewan peliharaan yang lebih besar dan spesies hewan lainnya dapat tinggal di dalam ruang kargo ber-AC pesawat, terlepas dari ukuran dan beratnya. Terlepas dari apakah hewan peliharaan kamu akan tetap berada di kabin utama atau tidak, kamu hanya diperbolehkan membawa dua hewan dengan operator transportasi yang disetujui maskapai.


7. Japan Airways

Jika kamu bertanya maskapai mana yang paling ramah hewan peliharaan, JAL layak disebut karena selain kucing dan anjing, JAL juga mengizinkan hamster, burung kecil, kelinci, dan hewan kecil lainnya.


Maskapai ini telah menetapkan batas berat yang diperbolehkan 100 kg per penumpang, termasuk hewan, bagasi terdaftar, dan pembawa hewan peliharaan. Aturan umum maskapai dengan jumlah hewan peliharaan yang diperbolehkan adalah satu jenis hewan peliharaan per peti.


Maskapai ini tidak mengizinkan hewan di kabin utama mereka tetapi akan tetap nyaman di kargo pesawat. JAL mengenakan biaya 3.000 – 6.000 per peti hewan peliharaan dan sektor penerbangan.


8. JetBlue

JetBlue mengizinkan kamu membawa maksimal dua hewan peliharaan, tetapi kamu harus memberi tahu maskapai penerbangan dan melengkapi dokumen yang diperlukan karena operator hanya menerima maksimal enam hewan peliharaan per penerbangan.


Selain itu, hewan peliharaan kamu dan pengangkutnya tidak boleh melebihi batas berat yang ditetapkan sebesar 20 lbs.


9. Virgin Australia

Hanya kucing dan anjing yang diperbolehkan dalam penerbangan domestik VA, dengan setiap penumpang diizinkan membawa maksimal dua hewan peliharaan per penerbangan.


Kecuali jika hewan peliharaan kamu adalah anjing penolong atau anjing pemandu resmi, maka itu adalah satu-satunya waktu anjing tersebut diperbolehkan berada di kabin utama. Jika tidak, hewan peliharaan harus bepergian melalui operator transportasi hewan.


10. American Airlines

Kebijakan hewan peliharaan maskapai ini memungkinkan kamu untuk check-in dengan kamu maksimal dua hewan peliharaan berusia minimal dua bulan. Sebelum terbang dengan maskapai ini, kamu harus memastikan hewan peliharaan kamu memenuhi persyaratan kesehatan dan usia minimum negara tujuan.


Di kabin utama, American Airlines mengizinkan kamu membawa satu kennel yang harus muat di bawah kursi orang di depan kamu. Ini akan menggantikan tas jinjing standar yang diizinkan penumpang dalam penerbangan.


Bagi mereka yang termasuk ras anjing besar paling populer, opsi yang disarankan adalah bepergian melalui American Airlines Cargo.


Pentingnya Memesan Hewan Peliharaan Kamu di Maskapai Ramah Hewan Peliharaan

Dua alasan utama mengapa kamu perlu memesan dengan maskapai ramah hewan peliharaan muncul dalam pikiran.


Pertama adalah keamanan dan pengalaman keseluruhan hewan peliharaan kamu. Selama penerbangan, kamu ingin hewan peliharaan kamu berada di dekat kamu untuk memeriksa kesejahteraan mereka. Jika bepergian dalam penundaan, kamu ingin hewan peliharaan kamu berada di lingkungan yang berventilasi baik dengan orang-orang yang menanganinya dengan hati-hati dan hormat.


Kedua, setelah kamu yakin bahwa hewan peliharaan kamu diperlakukan dengan benar, kamu bisa mendapatkan ketenangan pikiran yang tak ternilai dan menikmati penerbangan dengan kekhawatiran sesedikit mungkin.


Kesimpulan

Tidak semua maskapai penerbangan memiliki standar dan kebijakan terbang yang sama untuk hewan peliharaan, jadi kamu harus mencari yang akan memberi kamu pengalaman luar biasa dan memastikan bahwa hewan peliharaan kamu dirawat dengan baik. Untuk ras yang lebih besar, periksa maskapai ramah hewan peliharaan untuk anjing besar atau ras kucing sehingga kamu dapat memiliki penerbangan yang bebas repot.


Sumber: https://schimiggy.com/most-pet-friendly-airlines-from-around-the-world/

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/14/14525161/selain-turkish-airlines-sejumlah-maskapai-indonesia-izinkan-penumpang?page=all

43 views