10 Fakta Menarik Tentang Kucing

Updated: Aug 20, 2021


Sejak 7500 sebelum masehi, khususnya di wilayah Mediterania, hewan ini sudah menjadi hewan kesayangan manusia. Selain itu, menurut Rakuten Insight, sekitar 37% dari populasi memiliki kucing di rumahya. Namun, tahukah kamu ada banyak fakta tentang hewan satu ini loh. Maka dari itu simak 10 Fakta Menarik Tentang Kucing.

1. Kucing Menghabiskan 70% Hidupnya untuk Tidur

Jika Anda mengira kucing menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk tidur, Anda benar. Menurut Veterinary Hub, Kucing sebenarnya menghabiskan 70% hidupnya untuk tidur, mereka menghabiskan waktu sekitar 13-16 jam sehari untuk tidur.


2. Kucing Bernama Stubbs adalah Walikota Sebuah Kota di Alaska Selama 20 tahun!

Seekor kucing kucing oranye bernama Stubbs adalah walikota Talkeetna, sebuah kota kecil di Alaska selama 20 tahun! Meskipun dia tidak memegang kekuasaan legislatif apapun, dia dicintai oleh penduduk setempat dan turis. Pastinya Stubbs jadi Walikota ter-imut di dunia ya!


3. Kucing Terkaya di Dunia Memiliki 7 juta Poundsterling

Kucing terkaya di dunia menurut Guinness World Records adalah Blackie. Ketika pemilik Blackie meninggal, dia menolak untuk mengakui keluarganya dalam surat wasiatnya dan sebaliknya memberikan kekayaan 7 juta poundsterling kepada Blackie. Blackie kucing sultan sesungguhnya!


4. Kucing Berjalan Seperti Unta dan Jerapah

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa cara kucing berjalan sama seperti unta dan jerapah? Urutan berjalan mereka adalah kedua kaki kanan terlebih dahulu, diikuti oleh kedua kaki kiri, jadi mereka menggerakkan separuh tubuh mereka ke depan sekaligus. Unta dan jerapah adalah satu-satunya hewan lain yang berjalan dengan cara ini. Kok bisa sama yah?


5. Isaac Newton Adalah Penemu Pintu Kucing

Ilmuwan paling terkenal dengan teori gravitasi, Isaac Newton juga penemu pintu kucing. How Stuff Works menulis bahwa ketika Newton sedang mengerjakan eksperimennya di Universitas Cambridge, dia terus-menerus diganggu oleh kucingnya yang menggaruk pintu. Jadi dia memanggil tukang kayu Cambridge untuk membuat dua lubang di pintu, satu untuk induk kucing dan satu untuk anak kucingnya! Lubang tersebut masih bisa dilihat di universitas hingga saat ini lho.


6. Pada Tahun 1963 Seekor Kucing Pergi ke Luar Angkasa

Kamu pernah mendengar tentang monyet dan anjing di luar angkasa, tetapi tahukah kamu bahwa kucing juga pernah ke luar angkasa? Pada 18 Oktober 1963 Felicette, juga dikenal sebagai ‘Astrocat’ adalah kucing pertama dan satu-satunya yang pergi ke luar angkasa.


7. Orang Mesir Kuno Akan Mencukur Alis Mereka Saat Kucing Mereka Mati

Menurut Ensiklopedia Sejarah Kuno, Herodotus menulis pada 440 SM bahwa ketika seekor kucing peliharaan mati pada zaman Mesir Kuno, anggota keluarga akan mencukur alis mereka sebagai tanda berkabung.


8. Kucing Rumahan Berbagi 95,6% Genetik Mereka Dengan Harimau

Fakta kucing ini benar-benar akan mengejutkan! Sebuah penelitian menemukan bahwa kucing rumahan kita memiliki 95,6% genetik yang sama dengan harimau! Mereka juga berbagi banyak perilaku yang sama seperti mencium bau dan urin, mangsa mengintai dan menerkam.


9. Seekor Kucing Rumahan Dapat Mencapai Kecepatan Hingga 48 km per jam!

Jika Anda pernah melihat kucing kecil kamu menyerbu di sekitar ruang tamu ketika mereka merasa bersemangat, kamu pasti tahu bahwa kucing sangat cepat dan gesit, tetapi kamu pasti gak akan percaya fakta kucing ini. Mereka bisa mencapai kecepatan sekitar 48 km per jam lho! Mereka pasti bisa mengalahkan Usain Bolt nih.


10. Kucing Tertua di Dunia Berumur 38 tahun!

Kucing tertua yang pernah hidup berusia 38 tahun dan 3 hari ketika dia meninggal. Crème Puff, lahir pada tanggal 3 Agustus 1967 dan hidup sampai 6 Agustus 2005. Pemiliknya Jake Perry juga memiliki pemegang rekor kucing tertua sebelumnya, Kucing bernama Rex Allen, yang meninggal pada usia 34 tahun!


Itulah beberapa fakta menarik kami tentang kucing! Unik-unik dan menarik banget kan? Cari tahu lebih banyak lagi tentang kucing di blog kami!

15 views