10 Cara Efektif Untuk Membesarkan Anak Kucing

Updated: May 23


Anak kucing baru bergantung pada Anda untuk membantu mereka tetap aman dan berkembang di rumah baru mereka. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk memberi anak kucing Anda rasa aman dan rasa aman.

Beri Mereka Waktu

10 hingga 12 minggu adalah usia ideal untuk mengadopsi anak kucing. Beberapa diadopsi sedini 6 minggu, tetapi adopsi pada usia itu dapat membuat stres bagi anak kucing dan mungkin membuat mereka takut atau malu. Anak kucing yang telah ditangani dengan lembut oleh manusia akan lebih ramah dan dapat menyesuaikan diri dengan baik, jadi carilah rasa ingin tahu dan percaya diri pada anak kucing baru.

Beri Latihan Dasar

Anak kucing yang masih kecil membutuhkan tempat untuk merasa aman—sesuatu yang mengingatkan akan dikelilingi oleh ibu dan saudara-saudaranya. Kotak kardus berlapis selimut atau tempat tidur kucing bisa menjadi pengganti yang bagus. Untuk tahun pertama, anak kucing membutuhkan protein dan kalori ekstra yang ditemukan dalam makanan yang diformulasikan untuk anak kucing, jadi pastikan makanan yang Anda pilih dibuat hanya untuk mereka. Mulailah pelatihan pasir dengan menempatkan anak kucing Anda di dalam kotak setelah makan atau segera setelah bangun dan dengan lembut simulasikan menggali dengan cakar anak kucing. Jangan pernah menghukum anak kucing karena melewatkan kotaknya, dan selalu puji dia karena menggunakannya dengan benar. Sediakan tiang garukan untuk mencegah kerusakan furnitur.

Mengenalkan Anggota Keluarga Baru

Tempatkan anak kucing di ruangan yang tenang, bersama dengan tempat tidur, kotak kotoran, dan makanan, sampai ia menyesuaikan diri. Perkenalkan anggota keluarga satu per satu, berikan pengawasan ekstra dengan anak-anak. Ajari anak cara berinteraksi dengan lembut dengan anak kucing dan ingatkan mereka untuk mencuci tangan setelah memegangnya.

Singkirkan Benda yang Berbahaya

Bungkus kabel listrik dan jauhkan dari jangkauan anak kucing. Singkirkan semua benda kecil dan singkirkan tanaman beracun dan perangkap serangga. Tutup penutup dudukan toilet, bersama dengan lemari dapur dan penutup untuk mesin cuci dan pengering.

Baca Juga: 3 Cara Menentukan Jenis Kelamin Anak Kucing

Ajak Keliling Tiap Ruang

Berikan anak kucing Anda tur keliling rumah, satu ruangan pada satu waktu. Cobalah untuk mencegahnya bersembunyi di bawah atau di balik furnitur. Untuk mencegah memanjat di tempat tidur, cukup letakkan dia kembali di lantai ketika dia melompat atau mulai memanjat.

Siapkan Hewan Peliharaan Lain

Jika Anda sudah memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan mereka dalam kondisi kesehatan yang optimal sebelum memasukkan anak kucing baru ke dalam campuran. Untuk membantu meredakan kecemasan, berikan perhatian ekstra pada kucing yang lebih tua. Kemudian biarkan mereka mendekati anak kucing itu sebentar sehingga mereka bisa saling mengendus. Jika mereka menunjukkan permusuhan fisik, pisahkan mereka dan coba lagi dalam beberapa hari. Jika Anda memiliki anjing di rumah, jangan tinggalkan anak kucing baru Anda sendirian bersamanya. Perkenalkan mereka dengan anjing yang diikat. Cegah anak kucing berlari agar anjing tidak berusaha mengejar. Dan ingatlah untuk memberi penghargaan kepada semua hewan peliharaan atas perilaku baik mereka selama perkenalan ini.

Berikan Mainan yang Aman

Pilih mainan yang dirancang dengan mempertimbangkan anak kucing—tidak ada bagian kecil yang bisa tertelan. Boneka binatang kecil atau bulu di ujung pancing kecil adalah pilihan yang bagus.

Lakukan Check-up

Buat janji dengan dokter hewan dalam beberapa hari setelah kedatangan anak kucing dan beri tahu dokter hewan bahwa anak kucing itu baru di rumah Anda saat Anda menelepon. Ini dapat membantu untuk membuat daftar pertanyaan yang ingin Anda jawab. Dan pastikan untuk berbicara dengan dokter hewan Anda tentang memandulkan dan mensterilkan, yang dapat membantu mencegah masalah kesehatan dan kelebihan populasi. Biasanya, anak kucing dapat dimandulkan atau dikebiri pada usia 8 minggu—tetapi Anda dan dokter hewan harus memutuskan kapan yang terbaik untuk hewan peliharaan Anda.

Baca Juga: Tips Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Sediakan Lingkungan yang Aman Ketika Kamu Berada di Luar

Amankan anak kucing di satu ruangan sebelum Anda pergi, dan sertakan tempat tidur, kotak pasir, tiang garukan, mainan, makanan, dan air. Pertimbangkan untuk menambahkan lampu malam atau membiarkan lampu menyala jika Anda akan pergi sepanjang malam. Anda mungkin ingin mencoba memutar musik atau radio bicara juga—suaranya bisa menenangkan anak kucing yang sedang sendirian.

Berikan Mereka Kasih Sayang

Anak kucing lajang bisa kesepian—jadi pertimbangkan sepasang saat Anda mengadopsi! Jika Anda memilih hanya satu, inilah cara yang bagus untuk membantu mengatasi kesepian: Bungkus jam yang berdetak dengan handuk dan letakkan di dekat tempat tidurnya—suaranya yang stabil menenangkan, mengingatkannya pada detak jantung ibunya. Kemudian lebih jauh meredakan stresnya dengan menggendongnya dan berbicara dengannya dengan nada yang menenangkan.

Sumber: https://www.purina.com/articles/kitten/health/how-to-raise-a-kitten

14 views